Profil

Perseroan

Joint Venture dengan TOTO Ltd Jepang

 

Perseroan mencapai tonggak sejarah penting saat menjalin usaha bersama (joint venture) dengan TOTO Ltd Jepang pada Juli 1977. CV Surya, kemudian berubah nama menjadi PT Surya Toto Indonesia (STI). Usaha bersama ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi sebuah Perseroan Indonesia, mengingat joint venture ini adalah bentuk usaha kerjasama pertama kali di luar Jepang yang dijalin oleh TOTO Ltd. sejak Perang Dunia Kedua.

 

Joint venture ini juga menunjukkan kepercayaan yang besar pada Perseroan serta pengakuan atas potensi Indonesia yang menjanjikan dalam hal sumber daya alam yang berlimpah, tenaga kerja yang terampil, dan biaya energi yang relatif lebih rendah. Pabrik produk saniter pertama kami mulai beroperasi pada tahun 1978 dengan 65 orang tenaga kerja.

 

Di tahun 1980, Perseroan mulai mengekspor hasil produk saniternya ke mancanegara. Hal ini, menunjukkan kalau produk-produk Perseroan telah diakui kualitasnya di dunia internasional. Dengan produk dan layanan berstandar internasional, pada tahun 1981 Perseroan berhasil meraih sertifikat pengakuan dari Singapore Institute of Standard and Industrial Research (SISIR).

 

Seiring berkembangnya Perseroan dan guna menunjang usaha produk saniter ini, pada tahun 1985 dibangunlah pabrik fitting (produk-produk saniter, seperti kran air, shower, dan lain sebagainya). Pabrik ini juga terus dikembangkan dengan berbagai fasilitas penyempurnaan, termasuk mesin pengecor kuningan dan mesin injeksi plastik.

IPO

 

Perseroan melaksanakan penawaran umum saham ke masyarakat/Initial Public Offering (IPO) pada tahun 1990 dan mendaftarkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (d.h. Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya). Dengan memanfaatkan dana yang terhimpun dari penawaran umum tersebut, dibangunlah pabrik saniter baru di daerah Cikupa, Tangerang, yang mulai berproduksi di tahun 1992.

 

Di tahun 2006, Perseroan melakukan penggabungan usaha (merger) dengan anak Perseroan, PT Surya Pertiwi Paramita, yang sekaligus merupakan langkah strategis guna memperluas pasarnya ke segmen peralatan sistem dapur dan produk rumah tangga terkait lainnya.

Perkembangan dan Pengakuan Mutu

 

Demi memenuhi kebutuhan pasar yang terus meningkat, Perseroan terus berupaya untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan kapasitas produksinya. Pada tahun 2015, Perseroan meningkatkan bangunan Pabrik Fitting di Serpong, Tangerang untuk kegiatan produksi dan gudang penyimpanan hasil produksi sebelum dikirim ke konsumen.

 

Di tahun yang sama, ekspansi line produksi pabrik sistem peralatan dapur (System Kitchen) yang baru di Pasar Kemis, Tangerang sudah selesai dilaksanakan. Mesin maupun peralatan produksi juga sudah terpasang. Pabrik ini sudah mulai berproduksi pada bulan Maret tahun 2016. Dengan ekpansi line produksi pabrik ini, maka kapasitas produksi Perseroan untuk peralatan sistem dapur (System Kitchen) meningkat menjadi 8.250 m3 .

 

Perseroan juga melakukan kerja sama dengan PT Surya Pertiwi (Agen Tunggal Perseroan), membentuk Perseroan asosiasi, yakni PT Surya Pertiwi Nusantara (SPN) dan PT Surya Graha Pertiwi (SGP).

 

SPN merupakan Perseroan manufaktur yang memproduksi barang saniter. SPN berlokasi di Jalan Raya Desa Krikilan Driyorejo, Gresik, Jawa Timur, dengan total luas lahan 37,2 Ha. Di tahun 2018, SPN telah mulai melaksanakan kegiatan produksinya dengan kapasitas terpasang sebesar 807.180 buah/tahun, serta telah mendapatkan Izin Usaha Industri dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (B.K.P.M) dengan nomor: 1304/1/IU/PMA/2018 tanggal 26 April 2018.

Sedangkan SGP yang bergerak di bidang usaha pembangunan dan pengelolaan gedung perkantoran telah menyelesaikan pembangunan gedung kantor pusat Perseroan. Sejak November 2018 Perseroan telah menempati gedung baru tersebut yang berlokasi di Jl. Letjen S. Parman Kav. 81, Jakarta Barat (11420). Gedung ini pun dilengkapi dengan Showroom yang terdiri dari lima lantai dan telah diresmikan pembukaannya pada tanggal 17 Oktober 2018. Dengan telah ditempatinya gedung baru tersebut, maka gedung kantor lama yang berlokasi di Jl. Tomang Raya no. 18, Jakarta Barat oleh Perseroan dijual ke pihak lain.

 

Sejak awal, Perseroan telah menganut falsafah utama; Membentuk kualitas ke segala hal yang kita buat. Hal ini meliputi penyediaan produk-produk dengan kualitas dan nilai yang sangat tinggi, serta pelayanan purna jual yang handal. Sebagai hasilnya, Perseroan terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun dan mencapai posisi yang membanggakan. Hal ini telah dibuktikan dengan telah diekspornya produk perseroan ke lebih dari 30 negara, antara lain: Malaysia, Jepang, Amerika, China, Australia, Hongkong, Singapura, Saudi Arabia, Qatar, UAE, Kuwait, India, dan lainlain.

 

Komitmen Perseroan untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan profesionalitas usahanya ini juga telah menghasilkan berbagai pengakuan internasional, diantaranya; Sertifikat Japan Industrial Standard (JIS), Malaysian Standard, Philipine Standard, Australian Standard, serta lainnya. Selain itu, berbagai sertifikasi di bidang manajemen berhasil diraih oleh Perseroan seperti; Manajemen Mutu ISO 9002 (1999) dan ISO 9001 (2002), serta Manajemen Lingkungan ISO 14001 (2005).

 

Produk berkinerja tinggi dengan desain yang inovatif dan berteknologi ramah lingkungan menjadikan TOTO sebagai salah satu merek yang paling disukai di seluruh dunia untuk berbagai penggunaan di rumah maupun bangunan komersil, seperti kantor, hotel, apartemen, dan pusat perbelanjaan. Perseroan juga telah berhasil meraih beberapa penghargaan seperti; ICSA, IMAC, Top Brand Award, Investment Award, K3 Award, Zero Accident Award, serta Best of The Best Award sebagai salah satu dari 50 Perseroan terbaik versi majalah Forbes Indonesia, serta beberapa penghargaan lainnya.

JEJAK LANGKAH

1977

Berdiri berdasarkan akta notaris Kartini Mulyadi, SH. No. 88 di Jakarta pada tanggal 11 Juli 1977. 

1981

Mendapatkan Sertifikat Mutu dari Singapore Institute of Standard and Industrial Research (SISIR). 

1990

Tercatat di Bursa Efek Jakarta. 

1994

Menerima Sertifikat Japanese Industrial Standard (JIS). 

1999

Mendapatkan Sertifikat ISO 9002, Sistem Manajemen Mutu. 

2002

Mendapatkan Sertifikat ISO , Sistem Manajemen Mutu. 

2005

Mendapatkan Sertifikat ISO 14001, Sistem Manajemen Lingkungan. 

2006

Melakukan penggabungan usaha dengan anak Perseroan PT Surya Pertiwi Paramita. 

2008

Merayakan ulang tahun ke-30 pada 10 November 2008. 

2010

Perluasan pabrik saniter ke-7 di Cikupa dimulai September 2010, menambah kapasitas produksi sebanyak 480.000 pcs per tahun. 

2012

Aksi korporasi stok split dilaksanakan Agustus 2012, nilai nominal saham dari Rp1.000 menjadi Rp100 per saham. 

2014

Pabrik saniter ke-8 telah mulai berproduksi. 

Aksi korporasi stok split dilaksanakan Agustus 2014, nilai nominal saham dari Rp100 menjadi Rp50 per saham. 

2018

Merayakan ulang tahun ke-40 pada 17 November 2018. 

Peresmian ruang pamer dan gedung kantor pusat baru pada 17 November 2018. 

2015

Melaksanakan Right Issue dengan melakukan Penawaran Umum Terbatas (PUT) dengan jumlah saham yang ditawarkan sebanyak 41,280,000 saham sehingga menambah jumlah saham yang disetor menjadi 1,032,000,000 saham. 

Ekspansi pabrik kitchen menjadi 8.250 m3. Penambahan luas gedung pabrik fitting dari 1 lantai menjadi 3 lantai yang rencananya akan digunakan untuk kegiatan produksi di lantai 1 serta sebagai gudang di lantai 2 dan 3. 

2019

2013

Merayakan ulang tahun ke-35 pada 20 November 2013. 

Perluasan pabrik saniter ke-8 di Cikupa dimulai Juli 2013, menambah kapasitas produksi sebanyak 480.000 pcs per tahun. 

2016

Aksi korporasi stok split 1:10 dilaksanakan Oktober 2016, nilai nominal saham dari Rp50 menjadi Rp5 per share. 

Visi

  • Menjadi Perseroan terkemuka yang dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan masyarakat

Nilai

  • Ekonomis - Produk Hemat Air

  • Produk Berkualitas Tinggi

  • Ramah Lingkungan 

Misi

  • Mempersembahkan produk yang bermanfaat dan berkualitas tinggi

  • Memberikan pelayanan prima untuk memenuhi kepuasan pelanggan

  • Mencintai pekerjaan dengan sepenuh hati

  • Menghargai individu dan membina kerjasama

  • Melestarikan lingkungan melalui penghematan penggunaan sumber daya alam dan energi 

Perseroan didirikan dengan tujuan untuk memproduksi dan menjual produk saniter, fitting, dan peralatan sistem dapur

serta kegiatan lain yang berkaitan dengannya. Produk-produk Perseroan antara lain: 

Kloset, wastafel, urinal, bidet

dan sebagainya. 

Kran, shower dan

sebagainya. 

Sistem Dapur

Peralatan sistem dapur, lemari pakaian, kabinet vanity dan sebagainya. 

Aksesoris

Tempat tissue, tempat sabun, gantungan handuk dan sebagainya. 

Fitting

Saniter